JEMBER – Penyampaian aspirasi dengan cara unjuk rasa yang dilakukan oleh ratusan mahasiswa yang terdiri dari beberapa organisasi Mahasiswa yang ada di Kabupaten Jember. Mereka melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jember, Jawa Timur, berjalan damai dan kondusif. Selasa (06/09/2022)

Unjuk rasa itu dilakukan oleh kelompok organisasi, HMI Cabang Jember, DPC GMNI Jember, KAMMI Jember, PC IMM Jember, LMND Jember, PC KMHDI Jember, PC PMII Jember dengan anggota peserta keseluruhannya sebanyak kurang lebih 400 orang.

Sebelum melakukan aspirasinya para peserta aksi berkumpul di Double Way Unej dengan memanfaatkan Halaman Gedung PKM Unej sebagai tempat parkir kendaraan yang kemudian dilanjutkan peserta aksi melakukan longmarch menuju Bundaran DPRD atau didepan kantor DPRD Kab. Jember.

Selesai mereka melakukan orasi di bundaran DPRD,mereka bergerak memasuki halaman kantor DPRD dengan didampingi petugas yang mengamankan aksi mereka.

Namun sebelumnya peserta aksi ditemui oleh Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo SIK SH yang didampingi oleh Wakapolres Kompol Kadek Ary Mahardika SIK SH MH untuk memberikan himbauan agar jalannya aksi berjalan kondusif; kemudian beberapa perwakilan dari mereka masuk keruang rapat bersama perwakilan anggota DPRD dari masing masing partai.

Sikap dan tuntutan peserta aksi yang diinginkan yaitu meliputi :

– Mendesak kenaikan harga BBM dan TDL

– Mendesak pemerintah pusat untuk mengevaluasi kinerja BPH migas

– Mendesak pemerintah pusat untuk memberantas pemburu rente.

– Tunda PSN yang tidak berpihak kepada Rakyat, untuk dialihkan subsidi BBM dan segera membangun energi terbarukan.

– Lakukan reformasi perpajakan dan wujudkan pajak berkeadilan.

– mengajak masyarakat umum untuk mengawal kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat.

– Mengecam refresifitas aparat diruang ruang Demokrasi.

Selesai itu Ketua DPRD Kabupaten Jember M. Itqon Syaiquni, S.Th.I membacakan dan menandatangani pakta integritas dan kemudian mengirimkan pakta integritas melalui E-mail kepada DPR-RI dengan didampingi Sekwan DPRD dan perwakilan peserta aksi.

Kemudian peserta aksi kembali longmarch menuju titik kumpul dan membubarkan diri secara tertib.(AR)