Polres Jember News : Beragam cara tradisi membangunkan sahur saat Ramadhan merupakan keunikan tersendiri di negara Kita. Tiap daerah berbeda pula tradisinya. Menariknya di Kabupaten Jember, momentum tradisi membangunkan sahur bulan ramadhan dimanfaatkan Jajaran Kepolisian. Polres Jember memiliki program terobosan kamtibmas selama Bulan Ramadhan yang dikemas unik dan menarik dalam kegiatan patroli sahur.

Berbekal alat kentongan dan diiringi musik patrol bernuansa religi. Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo, S.H, S.I.K, M.H memimpin langsung kegiatan Patroli Kamtibmas bersama puluhan Personil Polisi bersongkok yang membaur akrab bersama warga.

Aksi sejumlah Polisi sontak mengagetkan warga. Warga mengira Polisi turun kejalan hendak melakukan razia. Namun kekagetan warga berubah menjadi senyuman sumringah, setelah melihat kekompakan warga dan polisi memainkan bedhuk dan kentongan. Terlebih lagi, warga sekitar yang dilalui Patroli Sahur juga mendapatkan aksi bagi – bagi nasi kotak hidangan sahur.

“Sebelumnya belum pernah ada seorang Kapolres atau Polisi, pagi-pagi berkeliling kampung dan mendatangi Poskamling,” kata Slamet Hariyanto, warga Perumahan Bukit Permai, Lingkungan Sadengan Kecamatan Sumbersari.

Kegiatan Patroli sahur ini dilaksanakan polsek jajaran Polres Jember, mulai tarawih hingga waktu imsak tiba di lingkungan warga. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama Ramadan,” Ujar Kapolres Jember AKBP. kusworo Wibowo saat ditemui media, Jumat dini hari (10/05/2019).

Menurut Kapolres, pada Ramadan dan menjelang Lebaran tingkat kriminalitas semakin meningkat untuk itu kesadaran dan partisipasi warga masyarakat dalam pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan masing-masing menjadi hal yang penting.

“Selain membangunkan umat muslim yang berpuasa, juga bisa menyapa warga langsung menerima keluhan atau masalah kamtibmas, Pungkasnya. ” (Hadi Humas )