Jember- Dalam upaya mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah desa binaan nya Desa Mayang Kecamatan Mayang Bhabin Kamtibmas Bripka Wahyu melaksanakan kegiatan sosialisasi pecegahan penyebaran PMK kepada peternak sapi.

Salah satunya dengan memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada Subaeri peternak sapi di dusun klayu Desa/Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, Kamis (9/06).

Pada kesempatan itu, Bripka Wahyu juga meninjau kandang sapi milik warga dan menyampaikan pesan- pesan tentang pencegahan terhadap PMK pada sapi.

Dia menerangkan, upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK dengan meningkatkan kesehatan, dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan disinfektan di sekitar kandang agar ketap dalam keadaan bersih.

“Kami meminta warga tidak perlu panik, karena penyakit PMK tidak menular kepada manusia. Kita tidak usah takut mengkonsumsi daging sapi maupun daging hewan lainnya,”pintanya.

Apabila ada hewan ternak sakit, ucap dia, agar segera menghubungi dokter hewan terdekat, sehingga mendapatkan pengobatan dengan baik.

Dia juga meminta, kepada peternak tidak perlu menjual hewan tersebut, namun perlu diisolasi dan diobati agar dapat sembuh.(humas polres jember)