Program Revitalisasi Sistem Keamanan Lingkungan atau Siskamling Di Wilayah Kecamatan Arjasa kini lebih digiatkan kembali sejak merebaknya virus corona.

Tribratanews Polres Jember : Guna menjamin rasa aman dan nyaman masyarakat. Maka perlu upaya meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam Pos Kamling Siaga Covid-19 sehingga dapat mengendus dan menekan segala bentuk potensi gangguan kamtibmas dan mencegah penyebaran virus dimasa pandemi Corona.

” Melalui Pos Kamling, keluar masuknya warga di lingkungan terus diawasi. Termasuk, kedatangan warga yang pulang kampung dr Wilayah Zona Merah Covid 19, Ujar Bhabinkamtibmas Desa Kamal saat melakukan monitoring di Pos Kamling Siaga Covid-19 Di Desa Binaannya. Minggu Siang (03/05/2020)

“Jika ada warga yang kembali akan dilaporkan ke RT/RW setempat. Selanjutnya, mereka akan diarahkan oleh pihak Kelurahan untuk melakukan karantina. Itu sebagai langkah antisipasi untuk memastikan setiap pendatang yang masuk ke wilayah desa dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Arjasa Iptu. Adam, SH mengatakan pihaknya akan mendorong Sinergi 3 Pilar untuk mengaktifkan lagi Pos Kamling disetiap Dusun dan Rt/Rw di Wilayah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember.

Pos Kampling Siaga cegah Covid-19 ini berfungsi untuk memantau situasi dan kondisi terkini serta memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya warga di pedesaan dalam upaya percepatan penanganan Covid 19.

“Di masa pandemi corona, revitalisasi Siskamling dapat menjaga hubungan baik antar warga desa, meningkatkan solidaritas serta budaya gotong royong dan tentu saja menjaga stabilitas keamanan lingkungan,” Pungkasnya. (Humas Arjasa)