Tribratanews Polres Jember : Kisah sederhana #1000KebaikanUntukJember ini datangnya dari seorang sahabat Bhabinkamtibmas Polsek Arjasa. Polisi tersebut merasa bersyukur setelah bertemu nenek yang menjajakan sekantong sayuran.

Sebut saja sahabat Bhabinkamtibmas itu adalah Oscar Tino. Polisi berpangkat Brigadir Kepala ini menceritakan awal kisahnya bertemu dengan Nenek yang menjual sekantong sayuran membuat hatinya tersadar atas keindahan berbagi kebaikan kepada sesama.

Senin Pagi (25/01), Kepada Redaksi Tribratanews Polres Jember, Oscar Tino menceritakan kisah itu, berawal pada suatu pagi saat akan berangkat ke Kantor dari kediaman mertuanya Di Dusun Krajan Desa Biting Kecamatan Arjasa, Jember. Seorang Nenek yang mengaku bernama Mbah Samina (75) datang sembari membawa sekantong sayuran yang baru Ia petik di kebun sekitar rumahnya.

Baru akan beranjak pergi ke Kantor, Mbah Saminah datang dan langsung duduk persis diteras rumahnya “Belilah sayuran ini Pak Polisi, agar saya bisa beli beras untuk makan”, ujarnya mengiba.

Polisi ini tak langsung mengiyakan untuk membeli sayuran Mbah Saminah. Saat itu, benaknya merasa ditampar keras. Ia merasa Nenek Samina tampak mengiba bukan lantaran sekedar menjual sayuran. Tapi mungkin Si Nenek juga sedang mengharap sesuatu pertolongan darinya.

Sesaat kemudian, Bripka. Oscar membuka dompetnya, lalu menyodorkan selembar uang kertas berjumlah Rp 50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah).

Wanita tua itu menerimanya. Namun, ketika tahu jumlahnya melebihi dari harga Sayuran yang Ia jual senilai Rp. 10.000,-. Mbah Saminah sejenak terdiam membisu sambil menatap tajam uang di tangannya. Lalu berkata, “Saya tidak punya uang untuk kembaliannya. Boleh saya pergi untuk menukar uang ini”,Ujarnya.

Mendapati isyarat dari Si Nenek Penjual Sayur itu, Oscar Tino pun membalas isyarat dengan gerak tangannya seolah berkata, “Tidak usah… tidak usah, sisanya untuk sedekah buat nenek saja”, sahutnya.

Saat itu, Mbah Saminah melihat nilai uang yang diterima, betapa girangnya dia. Ia pun berucap syukur kepada Allah dan berterima kasih kepada Bripka. Oscar dengan kalimat-kalimat penuh kesungguhan.

“Alhamdulillah… Alhamdulillah.. Terima kasih Pak Polisi ! Semoga Allah memberikan rezeki ganti yang berlipat – lipat dan keluarga sakinah, kedudukan yang sukses”, ucap dia.

Mendegar ucapan Mbah Saminah, hati Polisi ini berdegup kencang. Rupanya Nenek Penjual Sayur ini tampak benar – benar bersungguh-sungguh berharap tambahan sedekah kebaikan untuk kebutuhan makan sehari-harinya.

Sejurus kemudian Bripka. Oscar masih terdiam dan terpana di tempat itu. Hingga istri dan mertuanya datang menyapa diteras. Mata Polisi ini kini mulai berkaca-kaca dan istrinya pun mengetahui itu. “Ada apa mas?” Istrinya bertanya.

Dengan suara yang agak berat dan terbata menjelaskan: “Aku baru saja membeli Sayuran dari Mbah Saminah, tapi jangan dinilai harganya. Hari ini Kita masih diingatkan Allah dan diberi kesempatan oleh-Nya untuk turut berbagi 1000 kebaikan melalui kebutuhan hajat hidup Mbah Saminah”, ungkapnya. (Red. Hadi).